How children (5 years old) learn about Life Cycle of Butterfly

Welcome back. 😊

What do you think about metamorphosis of butterfly? Mungkin bagi kita orang dewasa tidak sulit memahami Life cycle system of butterfly. Tapi bagaimana dengan anak-anak? Sejauh mana mereka bisa mengerti tentang sistem kehidupan hewan? Let’s see.. 

Beberapa waktu yang lalu ada routine event yaitu Animals day di sekolah tempat saya mengajar. Karena ini pertama kalinya saya terlibat dalam kegiatan seperti ini maka saya meminta saran kepada partner kerja saya tentang activity yang menarik perhatian anak-anak related to the animals day. 

Partner saya suggest materi tentang Life cycle of butterfly. Awalnya sempat kebingungan, bagaimana caranya mengenalkan anak-anak (3-5 tahun) tentang life cycle system dengan cara yang fun ,sederhana dan mudah dimengerti. Kalo kita minta anak-anak untuk observe perubahan dari telur kupu-kupu menjadi butterfly, It’s too much, isn’t it? πŸ˜‚ So,  we have to find another way. 

And finally, datanglah Ide dari langit, untuk mencari video animasi mengenai Life cycle of butterfly. Thanks to Youtube dan si pengunggah video, akhirnya kita dapat video yang kita mau. Sebuah video animasi berdurasi kurang lebih 5 menit yang menjelaskan -dengan cara yang menarik- mengenai Life cycle of butterfly, in english, of course.

https://youtu.be/O1S8WzwLPlM

So,  we decided to show the video to the children. Tentunya kita juga memberi penjelasan selagi anak-anak menonton video tersebut. We played that video twice,  after that we recall about the sequences of Life cylce of butterfly. Beberapa anak langsung mengingat urutannya dengan baik,  meskipun dengan penjelasan yang sederhana. 

The next step,  kita juga menyediakan artwork yang akan dikerjakan oleh anak-anak. It’s a picture of Butterfly life cycle yang saya ambil dari Om google πŸ˜‚

 https://goo.gl/images/QYZqEX

Gambar di atas kita gunting menjadi 4 bagian. Lalu sediakan kertas berwarna kosong,  berikan nomor 1,2,3,4 di kertas tersebut. Kemudian encourage anak-anak untuk menempel gambar tersebut sesuai dengan urutan yang mereka lihat di video. Jika sudah selesai, recall sekali lagi mengenai urutan dari telur hingga menjadi kupu-kupu sambil menunjukkan gambar yang mereka tempel. 

Karena anak-anak umur di bawah 5 tahun cenderung tertarik dengan konsep visual, that’s why kita harus pinter-pinter menyediakan materi yang menarik di mata anak-anak. Picture yang colorful dan lucu bisa menjadi salah satu materials yang dipakai dalam kegiatan belajar mereka. 

Nah, setelah Animals day itu lewat, salah satu murid saya menggambar Butterfly Life Cycle, in the correct sequences. Dia copying gambar itu dari hasil artwork anak-anak in the previous day. Lalu hasil gambar itu dibawa pulang rumah dan ditunjukin ke mama papanya. Pas orang tuanya terima raport kemaren, the parents told us about it, dan katanya mereka amazed waktu liat gambar anaknya dan mendengar anaknya menjelaskan dengan bahasa sederhana about Life cycle of butterfly. 

Hmm…rasanya ikut seneng sih, melihat anak-anak excited dengan materi Butterfly Life cycle ini, and I hope cerita yang saya bagi di atas bisa membantu kalian juga yang barangkali ingin membantu anak-anak atau adek atau ponakan yang masih balita, untuk belajar Life cycle system of animals. Bukan hanya butterfly kok,  bisa diganti juga dengan animal lain.

As long as we have a fun and simple method of learning, pasti gak sulit kok membantu anak-anak kecil belajar.

Happy trying yaaah…. 😊😊

  

Advertisements

6 Replies to “How children (5 years old) learn about Life Cycle of Butterfly”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s