Throwback Christmas

Christmas is coming.

Yes. Sebentar lagi seluruh umat Kristiani di dunia akan merayakan natal, yakni perayaan hari kelahiran sang Juruslamat, Yesus Kristus. Sebagai umat Kristiani, saya pun merayakan natal setiap tahunnya. Biasanya, saat lagu-lagu natal mulai dipasang di mana-mana, satu-satu memori masa lampau tentang bagaimana saya dan keluarga merayakan natal, muncul kembali. Seperti kilas balik yang cepat namun sangat berkesan.

Lalu memori apa yang selalu teringat oleh saya saat natal hampir tiba? 

Dulu, semasa kecil, biasanya setiap hari natal, keluarga besar kami berkumpul. Ngumpulnya di rumah Oma Opa yang di Pamulang. Tapi kadang-kadang juga ngumpul di rumah sodara kami yang lain. Ibadah bersama, makan bersama, tukaran kado, dan yang paling ditunggu-tunggu “bagi-bagi angpao” πŸ˜‚. Cucu-cucu pasti udah disuruh berbaris, nyanyi satu-satu, and then dapet uang natal deh dari oma opa. Setelah itu biasanya para orang tua suka main kartu remi (cuman untuk seru-seruan aja ya guys). Anak mudanya main UNO ato Domino. Yang lain asik ngobrol-ngobrol cantik. Jaman dulu karena masih belom ada HP canggih, jadinya kita gak bisa selfie-selfie. Tapi justru kita jadi bisa punya quality time, karena gak ada yang sibuk sendiri sama HP masing-masing. Yah, begitulah indahnya masa 90an. 

Tahun 2000, waktu saya dan keluarga inti harus pindah ke Manado, hal yang paling saya rindukan adalah bisa ngumpul bareng sodara di hari natal. Tinggal di Manado membuat kita jauh dari sodara-sodara. Tapi untungnya masih ada satu sodara papa yang tinggal di Manado. Pernah sekali kita ngumpul di rumah oma Vera pas natal. Meskipun gak serame kalo ngumpul di Jakarta, but still, It leaves a good memory for me (jadi kangen Oma Vera πŸ˜‡).

After that, setiap natal biasanya saya mengikuti beberapa kegiatan gereja dalam rangka natal. Tinggal di Manado, dengan masyarakatnya yang mayoritas Kristen memberi kesan tersendiri. Dari bulan Oktober aja lagu natal udah dipasang di mana-mana (dengan volume yang super gede, I swear 😏). Dan saat jalan-jalan di kawasan perumahan, kalian udah bisa mencium aroma kue natal dari rumah tetangga-tetangga.

Selain itu, di awal bulan Desember biasanya ‘Santa Claus’ mulai berdatangan ke rumah-rumah, membawa hadiah buat anak-anak sekolah minggu. Kegiatan ini awalnya merupakan salah satu program gereja, dalam rangka pencarian dana untuk acara pra-natal. Uang yang terkumpul dari registrasi orang tua (yang mendaftarkan anaknya untuk didatangi Santa Claus), akan digunakan untuk kegiatan natal lain. Namun pada akhirnya kegiatan semacam ini menjadi salah satu kegiatan rutin setiap tahunnya yang bisa kalian temui di tanah Minahasa, Sulawesi Utara.

Yang gak kalah seru adalah saat hari natal, tepatnya tanggal 25 desember, di kampung saya biasanya ada parade “Delman” yang membawa anak-anak keliling kampung. Beberapa orang juga mengendarai motor, mobil, membawa serta anak dan keluarga mereka untuk meramaikan parade natal tersebut.

Seiring dengan tahun-tahun yang berlalu, beberapa kegiatan yang seru dan menciptakan kebersamaan ini mulai hilang pelan-pelan (sayang juga ya sebenarnya..). Mungkin banyak faktor yang merubah beberapa hal. Tapi yang penting semangat dan sukacita natal itu jangan pernah hilang (eeaa sok bijak banget).

Well, natal memang selalu memberi kenangan yang membekas buat saya sendiri. Tapi hal yang lebih penting dari itu adalah contemplation. Yup. Mengingat kenangan masa lampau membuat saya menyadari bahwa di hari natal ini harus ada sebuah refleksi diri. Apa yang harus diperbaiki dari diri saya, supaya menjadi pribadi yang lebih dewasa dan Iman juga tetap bertumbuh. Sambil berharap semoga tahun berikutnya akan lebih baik dari sebelumnya, Amen. πŸ˜‡

Merry christmas everyone, for you who celebrate christmas, May you have a sweet christmas with God. 

This is a lil bit #throwback christmas’ picture of me and family 😊

Advertisements

7 Replies to “Throwback Christmas”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s