Who Is Your Hero?

Pada hari yang sama seperti hari ini, yaitu pada tanggal 10 November, 71 tahun silam, terjadi sebuah peristiwa besar di kota Surabaya, Jawa Timur. Gak kebayang gimana besarnya semangat dan keberanian para pejuang RI pada saat itu melawan sekutu Inggris demi kemerdekaan, demi tanah air, dan demi kita.

Yup. Saya percaya apa yang membuat mereka (yang layak kita sebut sebagai ‘Pahlawan’) berani dan pantang menyerah melawan pasukan asing adalah karena mereka mau berkorban. Tidak ada ego, atau kepentingan diri sendiri. Mereka tidak memikirkan kesejahteraan hidup mereka saja. Tapi jauh ke depan. Mereka bercita-cita untuk membangun Negara Republik Indonesia, melepaskan diri dari penjajahan bangsa asing. Mereka memikirkan nasib anak-anak mereka dan cucu-cucu mereka kelak. Mereka berjuang untuk kebaikan banyak orang.

And look at us now! Bukankah segala kemudahan yang kita peroleh sekarang, salah satunya adalah berkat perjuangan para pahlawan Indonesia? 

Bukannya mau sok’ bersikap patriotik atau menunjukkan rasa nasionalisme tinggi karena hari ini hari Pahlawan yah guys. Tapi saya ingin mengantar kita kepada pengertian Pahlawan itu sendiri.

Mengenang peristiwa 10 November ’45, saya mencoba memahami lebih jauh arti Pahlawan. For me, berbicara tentang Pahlawan, kita tidak hanya melihat tokoh-tokoh pejuang saja, bukan sekedar sosoknya, atau nama besar. Lebih dalam dari pada itu, Pahlawan adalah sesuatu yang berasal dari hati.

“There’s a hero, if you look inside your heart…” -Hero, Mariah Carey

Hati yang mau berkorban. Hati yang tidak memikirkan dirinya sendiri, tetapi memikirkan kesejahteraan atau keselamatan orang lain. Sebuah action, yang dilakukan berdasarkan hati. Tulus. Ikhlas. Oleh karena itu, semua orang bisa menjadi Pahlawan. Bukan sebatas ‘angkat senjata’ atau menjadi pasukan tentara, berperang melawan pasukan asing. Karena kita tidak lagi hidup di zaman penjajahan, atau peperangan antar bangsa. But, we still could be a hero. Dari tindakan-tindakanmu, sudahkah itu berdampak baik bagi orang-orang banyak yang di sekitarmu? Jika Ya, then Yes, you could be a hero.

Hari ini, di mana kita memperingati Hari Pahlawan, coba kita merenung sejenak, sudahkah kita berterima kasih, kepada jutaan Pahlawan di luar sana, yang sudah banyak berkorban untuk kebaikan kita?

71 tahun lalu, kemarin atau bahkan hari ini, kita masih bisa melihat ‘Pahlawan’ di hati orang-orang di sekitar kita. Saya melihatnya di sosok mama dan papa, yang selalu struggle, up and down, demi menghidupi dan menyekolahkan kelima anaknya, termasuk saya, (thanks mom, dad..).

Saya juga melihat ‘Pahlawan’ di hati orang-orang di sekitar saya, yang udah rela membantu saya, memberi pertolongan kecil maupun besar. I would like to say thanks to whoever you are, Semoga Tuhan memberkati dan membalas semua jasa dan pertolongan kalian buat saya, dan buat banyak orang. 

Nah, bagaimana denganmu?

Siapa sosok Pahlawan yang kamu lihat di sekitarmu? Ataukah, kamu, jauh di lubuk hatimu yang terdalam, adalah seorang ‘Pahlawan’?😊

Happy National Heroes Day, anyway!

Advertisements

2 Replies to “Who Is Your Hero?”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s