Where are you from? (Dari mana asal kamu?)

Beberapa waktu belakangan ini, saya sering mendapat pertanyaan “Where are you from?” atau “dari mana asal kamu?”. Dari perbincangan basa-basi dengan supir taxi online, sampe saat job interview dengan seorang staff HRD, saya diberi pertanyaan yang sejujurnya saya sendiri ragu harus menjawab apa.

Dari mana asal kamu?

Mungkin bagi sebagian besar orang, It’s not a big deal to tell anyone where are you from. But not for me. Tidak mudah bagi saya menjelaskan ke orang lain mengenai asal-usul saya yang memang agak ribet. Karena itu saya ingin share tulisan ini, kalau-kalau masih ada yang penasaran dan ingin tahu dari mana sebenarnya asal saya, saya akan meminta orang itu untuk mengunjungi halaman ini (sekalian ajang promosi blog sendiri..hahaha).

Sebelum saya lanjut, ada baiknya saya memberikan sedikit gambaran mengenai identitas saya.

Birth place: Tangerang

  • Saya Lahir di Tangerang, pada tahun 1992. Kemudian di tahun 2000, saya dan sekeluarga pindah ke Sulawesi Utara.

Address (based on my ID card /KTP): Sonder, kab.Minahasa, Propinsi Sulawesi Utara 

  • FYI, Sonder adalah sebuah desa di kabupaten Minahasa, yang terletak di Propinsi Sulawesi Utara. Yup. Sejak tahun 2000, kami sekeluarga tinggal dan menetap di sana. I grew up there.
  • Tahun 2015 lalu, saya lulus dari sebuah Universitas di Kota Manado, Ibu Kota Propinsi Sulawesi Utara.
  • Sehingga alamat di KTP saya adalah Sonder, kab.Minahasa, Prov Sulut, tapi saya juga sempat tinggal/nge-kos di kota Manado selama saya kuliah.

Current Address: Cisauk, Tangerang Selatan.

  • I’m back. Yeah. Awal tahun 2016 kemaren saya memutuskan untuk kembali lagi ke tanah jawa, tepatnya kabupaten Tangerang Selatan untuk…I don’t know what to say. Banyak orang-orang bilang saya pergi ‘merantau’. It’s funny. Karena actually this is my hometown. So, maybe I’m just coming back home (I’m not sure). The point is, sekarang saya tinggal di tangsel.

Jadi, saat orang-orang asing yang baru saya temui bertanya dari mana asal saya, saya harus bilang bahwa saya dari Manado (saya jarang menyebut Sonder, karena pasti gak akan ada yang aware di mana desa itu terletak. Even sometimes, ada aja yang gak tau di mana tepatnya letak Kota Manado. Ckckck). Tapi kemudian saya akan menjelaskan bahwa saya sebenarnya lahir di tangerang. 

Sampe situ biasanya orang yang bertanya akan sedikit kebingungan, sehingga mereka akan bertanya sekali lagi, “Oh..jadi kamu sebenarnya memang asal Manado? Orang Tua tinggal di sana?”

Dan saya harus menjelaskan kembali. Kali ini agak lebih rumit.

Asal-usul Orang tua saya:

  • Papa, Lahir di Palembang, besar di Jakarta, sekarang tinggal di Manado.
  • Mama, Lahir dan besar di Medan. Pernah tinggal di Jakarta, sekarang tinggal di Manado.

Mungkin fakta tersebut belum bisa menjawab dengan benar pertanyaan mengenai dari mana asal saya. Okay. Mari kita tarik benang lebih jauh lagi ke belakang.

Asal-usul Oma Opa saya:

Oma, Opa dari pihak mama. Mereka sebenarnya adalah orang Minahasa (sebuah kabupaten di Propinsi Sulut). Asli. Tapi, oma lahir di Aceh. Kalo opa lahir di Minahasa.

Opa dari pihak papa juga sebenar-benarnya berasal dari Minahasa, juga lahir di tanah Minahasa.

Marga papa saya, Eman. Marga mama saya, Legie. Kalau ditelusuri lebih dalam dari nama keluarga/marga orang tua saya, pasti terbukti kok kalau saya sebenarnya adalah..

*jeng..jeng…jeng*

Putri duyung.

Hahaha (okay, fine. Gak lucu).

Kalo saya sebenarnya adalah keturunan orang Minahasa, atau supaya lebih akrab dan lebih familiar di telinga orang-orang banyak, sebut saja, saya adalah orang Manado. Ya. Asal saya dari sana, meskipun saya gak lahir di sana, kedua orang tua saya gak lahir di sana, bahkan oma juga gak lahir di sana. 

Well, karena alasan itulah kadang-kadang saya merasa risih atau kurang nyaman kalo ada orang yang bertanya “Dari mana asal kamu?” atau “Orang tua kamu asal mana?”, karena saya tahu, gak se-simple itu untuk menjawab pertanyaan mereka, gak cukup satu atau dua kata saja. 

Meski begitu, saya selalu belajar untuk bersyukur di mana pun saya berada. Saya mencintai tanah kelahiran saya, dan juga mencintai tanah nenek moyang saya. Dan yang paling penting adalah bagaimana saya bisa mempertahankan jati diri saya, menjaga sikap (in the best way) ke manapun saya pergi dan di manapun saya berada.

Anyway, I just want to know If you guys can simply answer this question below,

Where are you from, guys?😊

Advertisements

11 Replies to “Where are you from? (Dari mana asal kamu?)”

  1. Kalo bicara darimana asal sepertinya yang selalu mengarah ke asal suku. Walau kita tinggal bertahun disatu daerah tapi bukan suku daerah itu tetap dianggap orang numpang.
    Kalo asal Karina mudah sekali menebaknya, πŸ™‚

    Liked by 1 person

    1. Iya benar juga…hehe
      Saya pikir akan sulit menjelaskan ke orang lain mengenai asal saya. Pengalaman yang kemaren-kemaren sempat kebingungan harus mulai darimana setiap ditanya darimana asal saya. πŸ˜‚

      Like

    1. Iya bener bgt. Di pusat kota manado gak seramai dan sepadat di pulau Jawa. emang udah mulai macet sih, tapi gak seberapa kalo di banding sama di sini, di Jkt.
      Nah apalagi kalo tinggal di daerah perkampungan, udaranya sejuk bgt. Bebas polusi. 😊
      Oh ya kalo makassar, saya sendiri blum pernah ke sana. πŸ˜‚

      Like

      1. Kalo di manado tempat wisata paling recommended ya Pulau bunaken, Pulau siladen. Tapi kalo gak mau ribet karena harus menyeberang ke pulau, ada juga beberapa wisata pantai yang bisa ditempuh naik mobil, jaraknya kira-kira 2 jam dari pusat kota Manado.
        Yang pasti destinasi wisata yg paling banyak di sana, pantai, air terjun, atau gunung. πŸ‘

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s