“Neerja” Film Review

Release dates: February 19th, 2016 (India)

Director: Ram Madhvani

Producer: Atul Kasbekar

Duration: 2h 2m

Genre: Thriller, Drama

Production house: Fox star studios

Starring:

-Sonam Kapoor as Neerja Bhanot

-Shabana Azmi as Rama Bhanot

-Shekhar Rhavjiani as Jaideep

-Yogendra Tiku as Harish Bhanot
Satu lagi film Bollywood yang recommended buat kamu para pecinta film thriller-drama. Film “Neerja” diangkat dari kisah nyata, yang bercerita tentang seorang pramugari cantik asal India bernama Neerja,  yang mempertaruhkan nyawanya demi keselamatan para penumpang pesawat Pan Am flight 73 di tahun 1986 yang dibajak oleh para teroris.

Film ini dimulai dengan penggambaran kehidupan Neerja bersama keluarga sederhananya. Sebelum keberangkatannya dalam penerbangan Pan Am 73, Ibu Neerja mengungkapkan kekhawatirannya terhadap pekerjaan Neerja sebagai pramugari, terlebih lagi saat cincin keberuntungan Neerja hilang, Ibu Neerja seperti mendapat firasat. Namun hal itu tak mengurangi semangat Neerja untuk berangkat kerja, terlebih lagi Ia baru saja diangkat sebagai kepala kru penerbangan. Neerja pun berangkat ke airport, dan Pesawat Pan Am 73 dengan tujuan akhir New york diberangkatkan, pada tanggal 5 september 1986.

Sementara itu di tempat lain, terlihat sebuah aktivitas para teroris, Abu Nidal’s organization, yang mempersiapkan rencana mereka untuk membajak pesawat yang ditumpangi Neerja tersebut.

Saat pesawat Pan Am 73 transit dan tiba di Karachi, pakistan, pembajakan pun terjadi. Para teroris mengepung dan masuk ke dalam pesawat secara paksa. Neerja yang memahami situasi berbahaya ini langsung menghubungi para Pilot untuk segera melakukan prosedur yang ada apabila terjadi pembajakan dalam pesawat.

Para Pilot pun berhasil melarikan diri sebelum para teroris memaksa untuk masuk ke dalam kopkit pesawat. That’s why pesawat pun tidak dapat take off sesuai dengan harapan para teroris tersebut. Selama lebih dari 10 jam, para teroris menyandra para penumpang beserta para pramugari/pramugara dalam pesawat tersebut. Ketegangan pun terjadi saat para teroris mengancam akan membunuh salah satu penumpang, apabila tidak ada pilot yang bersedia memberangkatkan pesawat tersebut. Namun pihak penerbangan tidak mengabulkan permintaan mereka untuk mengutus pilot.

Disitulah sosok Neerja menunjukkan keberaniannya. Meskipun Ia berada di bawah tekanan dan ancaman para teroris, bahkan di todong senjata api sekalipun, namun Ia berusaha menenangkan dirinya sendiri dan lalu mencoba menenangkan para penumpang, dengan memberikan mereka minum dan makanan yang tersedia di kabin pesawat. 

Dalam saat-saat tertekan itu, film ini memberikan kilas balik tentang kehidupan Neerja beberapa tahun sebelumnya (nah di sini banyak adegan yang bikin baper lho).

And finally, setelah beberapa adegan seru dan menegangkan di dalam pesawat di Karachi airport, Pakistan, pihak kepolisian pun berhasil mengepung para teroris, meski sebelumnya para teroris sempat menembakkan peluru randomly kepada para penumpang sehingga memakan korban.

Lalu bagaimanakah aksi heroic Neerja demi mempertahankan keselamatan para penumpang pesawat tersebut digambarkan dalam film ini? Dan apakah Neerja mampu melakukan tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang Pramugari meski nyawanya sendiri menjadi taruhan?

“Do your duty, come what may. Never tolerate any injustice and never compromise on self-respect.” -Neerja Bhanot

Film ini benar-benar menghadirkan atmosfir ketegangan pada saat para teroris beraksi dalam pesawat tersebut. Selain itu, karakter Neerja yang kuat dan berani, berhasil diperankan dengan baik oleh Shanom Kapoor. Yang pasti film ini menguras emosi para penonton, sehingga seolah-olah kita menjadi salah satu dari para penumpang yang ada dalam pesawat tersebut.

So, don’t miss it… Luangkan 122 minutes untuk menonton film keren ini guys… 😊

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s