Tipe-tipe orang Indonesia merayakan Tujuh belasan

BY: KARINA JACQUALINE EMAN

“Tujuh belas agustus tahun empat lima. Itulah hari kemerdekaan kita.” Yup. Hari ini semua warga Indonesia merayakan ulang tahun kemerdekaan kita yang ke-71. Dengan jumlah populasi sekitar 255 juta penduduk, kita bisa melihat beragam cara, tradisi, atau kegiatan yang dilakukan dalam rangka hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia. Lalu, termasuk tipe manakah kamu saat merayakan tujuh belasan?

1.Tipe Excited

Di awal bulan agustus kamu sudah mempersiapkan banyak hal untuk merayakan tujuh belasan. Membeli baju baru tulisan Damn! I love Indonesia. Atau untuk anak sekolahan, membeli seragam baru lengkap dengan atributnya. Mengikuti tim marching band, tim paskibraka, tim cheerleaders (really?), dan tim sukses (yang ini agak gak nyambung sih guys). Orang dengan tipe ini akan begitu semangat mempersiapkan lomba-lomba atau kegiatan apa pun yang dapat memeriahkan perayaan 17 agustus. Pokoknya tipe yang satu ini akan terlihat sangat sibuk guys. Dari H-17, sampai tepat di hari H, dia akan melibatkan dirinya di semua kegiatan apa saja yang berhubungan dengan perayaan hut kemerdekaan (wuahh salut sama orang itu. Hidup Orang Itu!).

2. Tipe Social Media

Tipe yang satu ini akan banyak ditemukan di dataran Indonesia. Gimana gak, ini kan jamannya Social Media. Yup. Tepat di tanggal 17 ini akan ada banyak orang yang mendadak bersikap nasionalisme, only in Social Media. Orang-orang dengan tipe ini biasanya ditandai dengan status update “Dirgahayu Indonesia, Merdeka! Merdeka!..” atau mengunggah sebuah foto dengan caption “Selamat ulang tahun Indonesia tanah air ku” Hashtag #DamnIloveIndonesia. Saking cintanya dia terhadap Indonesia, dia rela menghabiskan waktu hampir 24 jam di depan gadgetnya untuk sekedar mengupdate status dan foto yang menunjukkan rasa nasionalismenya terhadap Indonesia (hmm, I am so proud with this type of man).

3. Tipe Vacationer

Nah tipe yang satu ini akan begitu bahagia melihat kalender. Tanggal 17, tanggal merah. Itu artinya liburan. Libur sekolah, dan libur kantoran. Tipe vacationer akan begitu memanfaatkan tanggal 17 ini untuk berlibur ke luar kota, atau ke tempat wisata mana pun yang bisa dikunjungi. Maka begitulah dia melewati hari ini. Sama seperti tanggal merah lainnya, di mana dia bisa berlibur bersama-sama orang tersayang, begitulah dia merayakan tanggal 17 ini, sebagai hari libur nasional (well, that’s okay. maybe you really need vacation. Okay, Fine).

4. Tipe Ignorant

Orang yang masuk dalam tipe ini adalah orang yang super duper lemot. Sementara kita membahas tiga tipe di atas, orang ini bahkan bertanya-tanya dalam hati “emang ini hari apa? ada yang ulang tahun ya?”, “oh hari ini libur..berarti kita gak sekolah ya?”, “ribut banget, ini suara band ada acara apaan sih?” bahkan ada yang masih terkapar tidur di kamarnya, dari saat Bendera dinaikkan, sampe pada saat penurunan Bendera sore nanti, orang ini gak akan sadar apa yang sedang terjadi hari ini. Terlalu cuek, atau lemot ya? sulit dibedakan (hello….wake up vroh! Indonesia udah merdeka 71 tahun, elu kemane aje?).

5. Tipe Kritis

Tipe kritis biasanya di dominasi oleh bapak-bapak, dan ya, bisa juga anak-anak muda yang berpikir kritis masuk dalam kategori ini. Orang dengan tipe ini biasanya menghabiskan waktu di depan TV, sepanjang hari ini, menonton berita dan siaran langsung upacara bendera. Memberi komentar terhadap apapun yang dia lihat di berita. Dari jalannya upacara, sampe jalannya sistem pemerintahan selama ini, akan dikomentarinya. Kalo ada yang gak sesuai pendapatnya, dia biasanya akan mencari partner diskusi untuk membahas hal ini. Tapi kalo gak ada partner, apa boleh buat, dia akan ngoceh-ngoceh sendiri di depan TV. (are you talking about my dad?..hahaha)

6. Tipe Standard

Ini adalah tipe yang Gue Banget! Tipe ini adalah orang yang merayakan tujuh belasan dengan sikap biasa-biasa saja. Not too excited, but not too ignorant. Orang dengan tipe ini akan sangat aware bahwa 71 tahun yang lalu Indonesia merdeka, berkat perjuangan para pahlawan kita yang luar biasaaa. Meski tidak berhubungan dengan perayaan hari kemerdekaan, tapi biasanya dia akan menghabiskan hari ini dengan kegiatan-kegiatan positif, seperti membaca buku, menonton film, melakukan kegiatan yang menjadi hobbynya, atau sekedar santai di rumah masing-masing.

That’s all 6 types of Indonesian celebrating Independence day of Indonesia. Actually, gak masalah gimana cara kamu merayakan HUT Indonesia, selama itu adalah hal yang positif dan gak merusak moral bangsa. At least, kamu inget hari ini hari apa. Jangan terlalu cuek juga ya guys, sampe gak aware kapan Indonesia merdeka. So keep reminding yourself, how hard the struggle of the patriot, waktu jaman penjajahan dulu, berjuang untuk memerdekakan Indonesia. 71 tahun sudah Indonesia merdeka, tapi sudahkah kamu memerdekakan Indonesia di hati kamu? (Aseeekkk) #Swag B)

Salam Merdeka! The writer.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s