“Antony Dan Cleopatra” By Colleen McCullough-Novel Review

BY: KARINA JACQUALINE EMAN

Antony Dan Cleopatra, by Colleen McCullough

Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2013

704 pages; 23 cm

ISBN: 978-979-22-9684- 6

Antony dan Cleopatra adalah novel historical yang ditulis oleh seorang female-writer dari Australia, Colleen McCullough. Novel ini dipublish pada tahun 2007, sedangkan versi terjemahan bahasa Indonesianya diterbitkan pertama kali tahun 2013 oleh penerbit Gramedia. Colleen McCullough lahir pada tahun 1937, di Wellington, New South Wales, dan meninggal karena sakit strokes pada tanggal 29 January 2015 lalu. Selama hidupnya Ia sudah menulis lebih dari 20 novel loh guys. Awesome! right? “I really adore female-writer” ^_^ Antony dan Cleopatra ternyata merupakan seri ketujuh dari “Masters of Rome Series”. So, sebelumnya Colleen sudah menulis 6 novel mengenai tokoh-tokoh dan peristiwa bersejarah di Roma. Kalau kamu masih pengen kepo tentang kehidupan Colleen dan karya-karyanya, langsung klik link di bawah ini guys.

https://en.wikipedia.org/wiki/Colleen_McCullough

Novel Antony dan Cleopatra terdiri dari 6 Bab yang diberikan judul pada setiap bab, keterangan waktu di setiap awal bab, serta peta untuk menunjukkan lokasi, wilayah kekuasaan, dan rute perjalanan. Sebagai novel historical, latar belakang tempat dan waktunya memang benar-benar digambarkan secara detail oleh Colleen, sehingga membuat kita sebagai pembaca, membayangkan di kepala kita setiap peristiwa yang terjadi dalam novel ini. Seumpama nonton film, kita seperti sedang menonton 3D movie. Sounds cool right?. Kisah ini dimulai pada tahun 41 S.M, yakni di masa setelah kematian the great Julius Caesar. Setelah Caesar meninggal, Oktavian -anak angkat Caesar- di tunjuk oleh Julius Caesar dalam surat wasiatnya, untuk menggantikan posisinya memimpin Roma. Tapi gak semudah itu guys. Oktavian tidak memiliki kekuasaan penuh atas seluruh Roma karena keberadaan Antony. Supaya lebih akrab kita panggil Om Anton aja kali ya? hahaha.

Nah, Who exactly is Antony? Om Anton ini adalah seorang prajurit gagah berani yang sudah dikenal popularitasnya sejak masa Julius Caesar masih hidup. Dia tuh kayak sosok hero jaman sekarang guys, gak kalah kece sama Captain America. Tapi sayang, wataknya terkenal pemarah (kayak Hulk dong), dan Om Anton juga Playboy (Don Juan kali, playboy, hahaha). Katanya sih dia punya daya tarik yang bisa bikin setiap perempuan klepek-klepek. Hmm, really? So, tangguh, pemarah, dan pencinta wanita mungkin bisa menggambarkan sosok Om Anton ini.

Selain Om Anton yang menjadi tokoh utama dalam novel ini, ada juga Cleopatra- Firaun Mesir- mantan kekasih gelapnya Julius Caesar, seorang perempuan yang gak cantik-cantik amat tapi memiliki daya tarik magis yang katanya mampu membuat Julius Caesar dan bahkan Om Anton tergila-gila sama tante Cleo ini. Tante Cleo memiliki seorang anak laki-laki, hasil dari hubungannya dengan Julius Caesar, yang diberi nama Caesarion.

Kedua tokoh utama ini, Om Anton dan tante Cleo, masing-masing memiliki ambisi untuk menguasai Roma. Om Anton ingin menaklukan Roma seorang diri, sementara tante Cleo ingin menaikkan tahta anaknya Caesarion, sebagai penakluk Roma dan Mesir, ckckck, all about authority. Untuk mewujudkan ambisi ini, om Anton dan tante Cleo saling membutuhkan guys. Mereka saling memanfaatkan satu sama lain untuk kepentingan mereka sendiri. Om Anton sadar benar bahwa tante Cleo memiliki harta yang berlimpah. Si om Anton ini butuh uang yang banyak untuk membayar para prajuritnya, dan membiayai dana perang  untuk menaklukan kaum Parthia. Untuk itulah Ia mengundang Cleopatra ke Tarsus, dan mereka bertemu untuk pertama kalinya setelah kematian Caesar. Sementara itu tante Cleo juga ingin memanfaatkan posisi dan pengaruh/kekuasaan yang dimiliki om Anton, agar mempermudah jalan anaknya, Caesarion, agar kelak menjadi Raja atas Roma dan Mesir. Maka tante Cleo menerima undangan om Anton, dan sejak itu mereka jadi Friends with benefit.

Mungkin benar pepatah yang mengatakan ‘jangan bermain api, nanti terbakar sendiri’. Pertemuan om Anton dan tante Cleon memang diawali dengan kepura-puraan, kemunafikan, dan niat saling memanfaatkan. Namun pada akhirnya jadi cinta yang benar-benar tulus guys. aww so sweet! Banyak peristiwa dan pertemuan yang terjadi di antara mereka berdua yang membuat cinta benar-benar tumbuh tanpa mereka sadari.

Di antara konflik peperangan, perebutan kekuasaan, politik, pembunuhan, pembantaian dan sisi kelam lainnya dari sejarah Roma, ada kisah cinta yang manis terjadi antara om Anton dan tante Cleo. Inilah yang membuat novel Antony dan Cleopatra semakin menarik untuk dibaca. Selain membuka wawasan kita mengenai tokoh-tokoh sejarah Roma, kita juga bisa melihat sisi lain dari Mark Antonius dan Cleopatra, sosok yang mungkin selama ini dikenal sebagai sosok yang kejam dan penuh tipu muslihat, pengkhianat Roma.

But, human is just human. Everyone has the dark side, and I saw the other side of Antony and Cleopatra here. Antony is just a Man who can fall in love to a Woman. Cleopatra is just a loving mother who really loves her son.

There is no Mantra. Pada akhirnya trik dan semua tipu muslihat itu tidak memiliki kekuatan apa-apa. Semua yang terjadi antara Antony dan Cleopatra adalah sesuatu yang kita sebut ‘manusiawi’.

So, tunggu apalagi guys? Go read it by yourself. Ini bukan sekedar Novel drama-historical yang membosankan. Sama sekali tidak. Plot yang menarik, penggambaran karakter yang unik, setting tempat dan waktu yang detail menjadi one package yang sayang untuk dilewatkan. Enjoy!

 

Notes: Aku beli novel ini di Carrefour ITC-BSD (kok bisa sih?). Iya bisa guys. Kebetulan ada stand Gramedia yang menawarkan buku-bukunya dengan harga diskon. Dan aku nemuin buku ini, dengan harga cuman Rp. 25.000 guys. I am so Lucky! ^^ Kalo kamu berminat untuk beli buku ini, mungkin bisa check di outlet gramedia, atau bisa juga tanya om Google. Kali aja ada yang jual via online. 🙂

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s